Posted in Travelling

Backpacker to Bintan

Hai Guys.. Salam Hangat dari Bintan.

DSCF0625

Selama tinggal di Pekanbaru hampir setahun, akhirnya kemarin berkesempatan untuk mengunjungi Bintan, Kepulauan Riau, Indonesia.

Selama di Riau ini belom pernah pergi kemana pun dalam rangka liburan coy. Kegiatanku cuma kerja, kuliah, kostan, ngemol. Akhirnya kemarin tanpa diduga, gak direncakan, gak nyiapin budget, pokoknya serba dadakan, aku berangkatlah ke Bintan.

Cerita awalnya itu begini..

Hari Rabu, 3 hari sebelum berangkat liburan. Di grup kantor itu heboh bahwa hari Senin itu cuti bersama. Padahal seharusnya HARPITNAS. Bayangin doong Senin masuk kerja terus Selasanya libur. Aku udah seneng banget doong kalo Senin libur. Tiba-tiba aja kepikiran pengen liburan. Pilihannya itu adalah ke Sumbar atau ke Bintan/Tanjung Pinang.

Aku juga liat kondisi cuaca. Meramalkan kondisi cuaca dulu. Kalo ke sumbar disaat kondisi sekarang yang sering hujan, apalagi dataran tinggi pasti curah hujannya tinggi. Akhirnya Sumbar dicoret dari daftar list. Dan tujuan liburan jatuh ke Bintan.

Di hari itu juga aku bilang sama Bos. Tiba-tiba aja dikasih ijin doong.. Alhamdulillah itu sesuatu banget. Boskuuuhh emang terbaikss.

Aku langsung hubungi kawanku di Duri untuk backpackeran ke Bintan dan dia sih oke-oke aja. Besoknya dua hari sebelum keberangkatan, buru-buru beli tiket bolak-balik PKU-Batam.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum berangkat ke Bintan atau backpacker kemana pun adalah kalian harus cari referensi liburan disana. Buat daftar list tempat-tempat yang kalian kunjungi. Cari tahu mobilitas di tempat yang kalian tuju dan cari tahu kalian mau tidur dimana selama disana. Lebih baik kalo mau ke Bintan sudah persiapan sebulan sebelumnya biar bisa dapet tempat penginapan yang harga murah.

List Daftar tempat wisata yang akan dikunjungi :

  1. Bintan Mangrove
  2. Treasure Bay
  3. Lagoi Beach
  4. Gurun Pasir
  5. Pantai Trikora
  6. Danau Biru
  7. Pantai Beralas Pasir

Yang dicoret itu waktunya gak cukup dan agak menjauh jaraknya kalo dari peta.

Hari Keberangkatan

WhatsApp Image 2017-03-25 at 16.39.44
Hang Nadim Airport Batam

Jangan Lupa Packing. Jangan segala dibawa ya. Untuk handuk pasti dipenginapan juga disediain. List daftar barang yang dibawa :

  1. Baju+celana main 2
  2. Baju tidur 2
  3. Baju daleman. (Untuk kalian para cewek, kondisikanlah satu hari kalian ganti CD. Jadi dalam satu hari harus 2). Jangan sampai kekurangan haha.
  4. Mukena bagi yang muslimah.
  5. Alat mandi (kalo gak mau pake alat mandi hotel).
  6. Peralatan wajah + sunblock.
  7. Sendal (ini aja cukup buat main, lebih kerasa mainnya ketimbang sendal mahal-mahal)
  8. Obat-obatan (yang sekiranya diperlukan).

Jangan lupa hp dan kamera untuk mengabadikan momennya guys.
Sabtu sore Aku dan kawanku berangkat ke Batam. Sampai di Batam 1 jam kemudian. dan langsung diantar taksi ke Pelabuhan Punggur, bayar 100rb. Syukur-syukur kalo kalian bisa nego dapet 70-80rb. Dari Pelabuhan Punggur menuju Pelabuhan Tanjung Uban ongkosnya  40rb/orang. Saran siih gak usah beli tiket boat di loket-loket pintu masuk. Kalian tinggal beli tiket masuk pelabuhannya 10rb. Langsung aja menuju tempat ke berangkatan boat Tanjung Uban. Kalian musti ngobrol sama penumpang lain, biar tujuan kalian itu benar. Nanti di boat kalian baru bayar ongkosnya.

Akhirnya sampai juga di Bintan. Pulau sejuta pesona.
Namanya juga backpacker dadakan. Sampai di Tanjung Uban kami kebingungan mobilisasi ke tempat penginapan yang dipesan kawanku. Kami singgah dulu di tempat makan sambil nanya penyewaan motor. Ujung-ujungnya kami naik ojek ke tempat penginapan di Lagoi karena gak dapet sewa motor. Naik ojek ke Lagoi sekitar 80rb (udah nego). Sampai juga di tempat penginapan.

Day 1

Kami dapet motor sewa 250rb selama 3 hari ke depan. Lumayan bisa dibawa keliling Bintan.
Tempat kami menginap ternyata dekat dengan tujuan pertama kami, yaitu Bintan Mangrove Discovery Tour.

DSCF0291
Mangorve Tour

Untuk tour keliling hutan mangrove pakai boat harganya 150rb (untuk turis lokal). Kalian pinter-pinterlah nego. Tour mangrove sekitar 1 jam-1 setengah jam. Kalau kalian tour malem, kalian bisa liat banyak kunang-kunang.

Tujuan kedua kami yaitu Treasure Bay. Harga masuknya 100rb. Tempatnya gak jauh dari penginapan. Disini pantainya pantai buatan. Keren banget. Banyak permainan airnya. Tapi harga untuk setiap permainannya sangat mahal.

DSCF0361
Treasure Bay

Menjelang sore kami lanjut perjalanan menuju Trikora.

Day 2

Pagi-pagi kami langsung siap-siap menuju Pantai Beralas Pasir. Katanya ini adalah surganya Bintan. Untuk pergi ke Pantai Beralas Pasir ada agen khusus yang mengelola tempat itu. Untuk pergi kesana kalian perlu mengeluarkan kocek seharga 150rb/org (lagi-lagi turis lokal) ditambah life vest dll total sudah termasuk tiket pulang sebesar (+_ 200rb/org). Pinter-pinterlah nego, kami saja dapat 288rb untuk dua orang. Disini juga menyediakan paketan. Ada penginapan, bisa snorkeling, permainan air yang lain juga ada.

DSCF0619
Pantai Beralas Pasir/White Sand Island

Tujuan terakhir adalah Pantai Trikora. Tidak jauh dari Penyebrangan Pantai Beralas Pasir, sekitar 10 menit sudah sampai di Pantai Trikora. Tiket masuk gratis.

DSCF0762
Pantai Trikora

Menurutku dibanding kalian pake agen khusus untuk liburan. Model backpackeran budgetnya lumayan lebih bisa diatur. Diluar tiket pesawat dan taksi, budget yang aku keluarkan untuk backpacker ke Bintan adalah :

  1. Tiket boat pp : 80rb/org.
  2. Penginapan selama 3 malam : 700rb/org/kamar.
  3. Tempat wisata total : 400rb.
  4. Sewa motor : 200rb/org.
  5. Makan : 100rb/perhari total 300rb/3 hari.

Jadi total budget yang kalian perlukan untuk 2 hari 3 malam di Bintan adalah 1,7jt. Makan jangan di restoran besar. Di pinggir-pinggir jalan juga ada warung-warung seafood yang enak tapi terjangkau, sekali makan 50-60rb.

Dibanding pake tour agent khusus 1,5jt hanya untuk satu hari.

Begitulah cerita liburanku ke Bintan. Dadakan, semua ala ala backpacker. Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s